7 Tips Perawatan Vagina Agar Tetap Sehat Dan Bebas Penyakit

Kali ini kita akan membahas perawatan vagina agar senantiasa tetap sehat, bersih dan bebas dari penyakit yang berbahaya. Karena vagina adalah area yang sangat sensitif, maka kita harus merawat vagina dengan baik dan benar.

Iritasi, kemerahan, gatal dan bau adalah gangguan yang dapat terjadi karena kita tidak rajin membersihkan Vagina. Organ seks perempuan rentan terhadap bakteri karena merupakan bagian tubuh yang lembab karena kurangnya sirkulasi udara.

perawatan vagina

perawatan vagina

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan daerah di sekitar vagina untuk menghindari berbagai penyakit kelamin yang mungkin berbahaya. Lakukan tips sederhana berikut ini. Asalkan disiplin dan rutin, dampaknya akan sangat berguna bagi kesehatan organ intim dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan vagina:

Secara umum, iritasi vagina dan penyakit dapat dicegah dengan menjaga area genital tetap kering dan bersirkulasi udara yang baik. Anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

  1. Pakailah pakaian katun, terutama ketika beraktifitas di luar ruangan. Bahan katun mudah menyerap keringat dan kelembaban, serta baik untuk sirkulasi udara.
  2. Selama menstruasi, ganti pembalut setiap 4 sampai 8 jam sehari, tergantung pada banyaknya darah menstruasi yang keluar.
  3. Hanya gunakan pembalut atau panty liner yang tidak diberi wewangian, karena wewangian dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian wanita.
  4. Beberapa wanita mungkin merasakan aroma yang kurang sedap dari vagina. Walaupun sebenarnya vagina memang memiliki bau yang khas, dan itu bisa berbeda pada setiap wanita. Selama bau tersebut tidak terlalu menyengat, Anda tidak perlu khawatir. Jadi Anda harus menghindari semprotan vagina / douche atau pembersih khusus jika tidak benar-benar diperlukan.
  5. Hindari memakai celana dalam yang terlalu ketat terutama di daerah vagina, karena bisa menekan vagina dan membuatnya lembab. Jangan terlalu sering mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis yang menempel langsung pada kulit saat dikenakan (stoking, legging, celana skinny).
  6. Setelah berenang atau olahraga, segera ganti baju dan pakaian sesegera mungkin. Ingat, Vagina adalah organ yang sangat rentan terhadap kelembaban. Membiarkan pakaian basah menempel terlalu lama di tubuh akan memicu pertumbuhan bakteri berbahaya.
  7. Setelah buang air kecil, cucilah vagina Anda dengan air yang mengalir, lalu keringkan dengan tisue lembut atau menggunakan handuk lembut. Usap dari dekat vagina ke arah anus. Hal ini akan mencegah kotoran atau bakteri menempel lagi di Vagina.
  8. Gunakan crystal x setiap pagi dan sore hari setelah mandi. oleskan di bibir vagina selama 10 detik. Kandungan bahan aktif di dalam crystal x akan membantu menjaga vagina tetap sehat dan segar. Klik disini untuk mendapatkan informasi detail mengenai crystal x.

7 tips mudah perawatan vagina ini sangat bisa kita terapkan sehari-hari. Karena setiap hari kita selalu bersentuhan dengan 7 hal diatas. Yuk, lakukan perawatan vagina yang sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>